Tools Accounting

Jika Anda seorang Akuntan, Anda pasti tahu betul bagaimana tanggung jawab kerja seorang akuntan dalam melaksanakan job desk mereka di dalam suatu perusahaan. Terlebih lagi jika perusahaan tersebut memiliki begitu banyak cabang. Tentu semakin banyak kendala yang akan dialami oleh akuntan, maka pernahkah Anda berpikir untuk menggunakan tools accounting?

Pencatatan transaksi setiap bulan saja terasa begitu berbelit-belit bukan? Anda harus berkolaborasi dengan tim Anda di cabang luar kota. Belum lagi harus membuat laporan keuangan. Kemudian ditambah lagi soal analisis keuangan, resiko keuangan, dan lain sebagainya. Bagaimana bisa Anda membagi waktu untuk mengejar deadline yang begitu banyak dan membingungkan?

“Akuntan Cerdas Yang Memanfaatkan Teknologi Dapat Menghemat Begitu Banyak Waktu”

Pekerjaan yang sedemikian rumit menuntut Anda untuk sedikit lebih cerdas dalam mensiasati segala hambatan kerja. Kami percaya Anda pun orang yang sangat “aware” dengan kemajuan teknologi, dan menyambut baik kehadiran aplikasi-aplikasi atau tools yang memudahkan kerja sehari-hari. Berikut ini adalah 3 tools yang dapat mempermudah kerja akuntan:

 

1. Google Products (Google Drive, Google Docs dan Google Spreadsheet)

Google Drive

Produk Google yang berbasis komputasi awan ini akan sangat membantu kerja Anda dalam berkolaborasi dengan tim Anda. Anda dapat menyimpan data di storage Google Drive, kemudian data-data tersebut dapat diakses oleh tim Anda kapanpun dan dimanapun. Google Drive dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan bukti-bukti transaksi seperti faktur, bukti bayar dan lain sebagainya. Google Drive menyediakan beberapa mega byte space gratis sesaat Anda mendaftarkan diri Anda. Anda dapat meningkatkan kapasitas space dengan layanan Google Drive berbayar.

Kemudian dengan menggunakan Google docs Anda dan tim dapat berkolaborasi untuk membuat surat-surat penting untuk perusahaan Anda. Begitu juga menggunakan Google Spreadsheet, Anda dapat berkolaborasi dengan tim menggunakan Google Spreadsheet yang diakses secara bersamaan. Fitur-fitur yang cukup lengkap di Google Docs & Spread Sheet memungkinkan Anda menjalankan fungsi-fungsi khusus untuk keperluan akuntansi Anda. Tools ini menjadi solusi kolaborasi jarak jauh dimanapun dan kapanpun.

 

2. Trello

trello

Trello adalah tools yang amat berguna untuk manajemen diri dan tim Anda. Anda dapat membuat to do list atau daftar-daftar pekerjaan yang harus Anda dan tim Anda lakukan. Anda kemudian dapat menugaskan daftar pekerjaan tersebut kepada anggota tim Anda. Dengan menggunakan Trello pun, Anda dapat mengontrol pekerjaan apa yang sedang dilakukan oleh masing-masing tim Anda dan pekerjaan apa yang sudah selesai dikerjakan.

Dengan Trello Anda juga dapat mengupload data-data seperti foto, dokumen, dan lain sebagainya untuk keperluan manajemen kerja. Trello tersedia di web base dan juga aplikasi seperti iOS maupun Android, Anda dapat menggunakan tools ini untuk keperluan manajemen diri Anda sendiri dan juga manajemen tim Anda.

 

3. AkuntansiOnline.idSoftware Akuntansi Online - ScreenShot

 

Tools akuntansi online membantu Anda melakukan pencatatan transaksi dengan rapih dan terproses secara otomatis. Tools ini memungkinkan Anda untuk menghemat begitu banyak waktu dalam mengerjakan pekerjaan Anda sebagai Akuntan. Pencatatan secara real time dapat Anda lakukan dimana saja dengan browser internet di komputer Desktop, Laptop, atau bahkan komputer tablet yang Anda miliki. Anda juga dapat berkolaborasi dengan kantor cabang di luar kota sekalipun secara real time.

Dengan menggunakan akuntansi online, Anda dapat mengontrol segala transaksi yang ada dari kantor pusat hingga kantor cabang terakhir. Anda dapat mencetak faktur atau invoice hanya dengan beberapa klik saja. Kemudian Anda tidak perlu repot-repot lagi menyusun laporan keuangan setiap bulannya, karena laporan keuangan Anda secara otomatis terbaharui dengan pencatatan transaksi yang Anda dan tim Anda masukan ke dalam tools ini setiap harinya. Sehingga ketika Anda membutuhkan sebuah laporan keuangan, Anda hanya membutuhkan satu atau dua klik saja untuk mencetak laporan keuangan Anda. Tools semacam ini memang dirancang untuk mempermudah pekerjaan Akuntan seperti Anda. Anda bisa mencoba software akuntansionline.id di sini.

 

Kesimpulan

Pekerjaan semakin rumit jika kita tidak cukup cerdas dan kreatif dalam mencari solusi. Namun jika saja Anda menggunakan tools-tools di atas, maka kerja Anda setiap harinya akan lebih ringan dan hidup Anda semakin mudah. Anda dapat menghemat begitu banyak biaya dengan adanya tools-tools kolaborasi dan manajemen. Anda juga dapat menghemat begitu banyak waktu, karena semuanya serba otomatis dan mudah diakses. Mulai manfaatkan teknologi hari ini juga, dan Anda dapat menyelesaikan pekerjaan Anda bahkan sebelum sore hari tiba. Ya, Anda bisa pulang ke rumah lebih awal dari kantor Anda!