Tips untuk Menjadi Wirausahawan yang Tahan banting

Menjadi sukses tidaklah semudah membalikan tangan bukan?. Ada proses panjang yang harus dilewati dan juga tantangan yang siap menanti setiap petarungnya dengan kadar ujian yang berbeda-beda. Begitu pula dalam menjadi wirausahawan sukses dalam membangun suatu perusahaan. Hari ini untung besar, bisa jadi besok terjatuh, atau sebaliknya. Oleh karena itu, kesiapan dalam menghadapi apapun dalam setiap prosesnya menjadi hal yang sangat penting dan kedepannya akan lebih tahan banting. Karakter tahan banting ini harus dimiliki untuk menjadi wirausahawan sukses.

Wirausahawan yang tahan banting adalah pribadi yang tidak merasa lemah terhadap sesuatu yang terjadi atau menimpanya. Ia selalu mengambil sisi positif untuk bisa bangkit kembali. Wirausahawan yang tahan banting pastinya memiliki peluang berhasil yang lebih besar untuk menggapai apa yang ingin diraihnya. Pribadi tahan banting bukan dilihat dari fisik tapi adanya sifat positif dalam jiwa nya yang tangguh dan kuat.

Menjadi wirausahawan yang tahan banting pun tidaklah instan. Karakter tersebut harus ditempa agar menjadi karakter yang mendarah daging. Ya, karena bisnis tak hanya sekedar membutuhkan modal dan nyali, maka Anda pastinya membutuhkan tips untuk menjadi wirausahawan yang tahan banting. Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi wirausahawan yang tahan banting :

1. Tujuan yang jelas dan kuat :
Sebelum memutuskan untuk terjun total dalam dunia bisnis, Anda harus merenungi dengan keyakinan yang benar tentang apa tujuan Anda dalam bisnis yang akan Anda geluti. Tujuan tersebut harus jelas dan tertanam kuat dalam diri sehingga akan mempersiapkan diri Anda menjadi wirausahawan yang tahan banting. Ketika Anda terjatuh, maka dengan mengingat tujuan awal ini bisa membuat Anda tetap optimis dan bangkit kembali. Pun ketika Anda sukses, maka dengan mengingat tujuan awal akan menjadikan diri Anda lebih terarah, rendah hati, berhati-hati, dan tetap semangat meraih target selanjutnya.

2. Kenali diri :
Anda harus sukses dalam mengenali diri Anda sendiri terlebih dahulu baru Anda akan bisa menjadi wirausahawan sukses. Mengapa? Mengenal diri sendiri artinya Anda paham apa kelemahan dan kekuatan yang dianugrahkan dalam diri Anda. Wirausahawan yang tahan banting ialah dia yang sukses mengelola kekuatannya untuk bangkit kembali ketika jatuh dan juga sukses mengontrol kelemahannya agar tidak berlama-lama dalam keterpurukan.

3. Berfikir dan bersikap positif :
Anda adalah apa yang Anda fikirkan tentang diri Anda. Kekuatan fikiran benar-benar berpengaruh hebat dalam menggerakkan semesta. Jika Anda berfikir Anda bisa menjadi wirausahawan sukses, maka Anda akan bisa. Begitu pula sebaliknya. Jadi jangan biarkan fikiran Anda berkubang dengan fikiran-fikiran tidak baik. Jangan pula biarkan hal negatif dari sekitar Anda mempengaruhi dan merusak diri Anda sendiri. Tetaplah berfikir dan bersikap positif apapun yang terjadi.  Orang yang selalu berfikiran positif akan tahan banting menghadapi apapun yang terjadi. Ia percaya bahwa semua yang terjadi sudah atas kehendak serta izin-Nya. Maka apapun yang terjadi itu pasti yang terbaik menurut-Nya. Tinggal bagaimana kita pandai-pandai membaca takdir-Nya dengan terus berfikir dan bersikap positif. Mendekatlah pada-Nya, agar Anda diberi kekuatan lebih dalam menghadapi semua rintangan tersebut.

4. Mindset perjuangan dan pengorbanan :
Sejatinya hidup, semua butuh perjuangan dan pengorbanan. Bisa jadi Anda akan mengalami  tidur sedikit, fisik lelah, waktu bersama keluarga berkurang, modal habis, kekhawatiran-kekhawatiran akan gagal, dan lain sebagainya. Namun dengan memiliki mindset bahwa untuk mencapai kesuksesan membutuhkan perjuangan dan pengorbanan, maka Anda akan tetap semangat berjuang dan berkorban. Tertanam dalam keyakinan bahwa semakin berjuang dan siap berkorban itu artinya kesuksesan semakin dekat didepan mata. Mindset ini membentuk kuat karakter tahan banting.

5. Tularkanlah! :
Poin 1-4 adalah tips untuk memperkuat pribadi Anda, sedangkan poin ke-5 ini adalah cara agar bisnis atau perusahaan Anda dapat sukses dengan memiliki tim yang solid dan tahan banting yaitu dengan menularkan poin 1-4 kepada karyawan atau partner bisnis Anda. Dengan begitu perusahaan Anda akan bisa melewati masa-masa krisis dengan tetap semangat dan optimis.