Perbedaan Software Akuntansi Online dan Offline

 

Aplikasi atau software berbasis online, saat ini sedang booming dan dipakai oleh banyak perusahaan. Berbagai macam bidang di dalam sebuah perusahaan menerapkan sistem cloud service untuk menjalankan usahanya seperti manajemen, HRD, keuangan dll. Untuk bidang keuangan dan akuntansi, software akuntansi berbasis online sendiri bukan lah barang baru. Software akuntansi online dipilih karena memiliki banyak keunggulan dan kelebihan dibandingkan software akuntansi tradisional. Seperti apa software akuntansi online? Berikut penjelesannya

Cara Kerja Software Akuntansi Online

Software akuntansi online pada dasarnya sama seperti software akuntansi tradisional pada umumnya. Perbedaannya, software akuntansi ini menggunakan remote server hosting. Cara kerjanya sederhana, pengguna memasukan data ke dalam “awan” atau cloud, dan data tersebut akan diproses dan ditampilkan kembali kepada pengguna. Semua prosesnya hanya dapat dilakukan secara online saja. Sifat penggunaan software akuntansi berbasis online sangat ringan dan dapat digunakan di berbagai macam gadget kapan saja dan dimana saja. Pengguna juga tidak dipusingkan dengan memasang atau mengelola software permanen hanya di dalam satu gadget. Dengan menggunakan software akuntansi berbasis online, pengguna dapat mengontrol kinerja dan laporan keuangan dari beberapa departemen atau kantor cabang. Dengan menggunakan software akuntansi online, pengguna juga dapat memasukan data dan mengetahui laporan keuangan secara real time dari berbagai departemen dan kantor cabang.

Perbedaan Software akuntansi online dengan Software Akuntansi Tradisional

Ada beberapa perbedaan mendasar antara software akuntansi online dengan software akuntansi tradisional. Yang pertama, software akuntansi online lebih fleksibel. Dengan menggunakan software akuntansi ini, data akuntansi dapat diakses kapan saja dan dimana saja jika ada koneksi internet. Sedangkan untuk software akuntansi offline, anda hanya dapat menginput data dari komputer yang sudah terpasang software tersebut. Kedua, software akuntansi berbasis online dapat melakukan update dan pelaporan data akuntansi secara real time sesaat setelah data dimasukan. Ketiga, bagi perusahaan, menggunakan software akuntansi online akan mengurangi biaya upgrade software setiap kali versi baru software dirilis. Perusahaan cukup berlangganan hosting dan membayar satu kali saja setiap periode tertentu. Biaya ini sudah termasuk maintenance, update dan upgrade fitur.

Bagaimana Keamanan Data Ketika Menggunakan Software akuntansi online?

Software akuntansi online memberikan sistem keamanan yang sama, bahkan lebih baik, dari sistem keamanan yang dimiliki oleh software akuntansi tradisional. Menggunakan software akuntansi tradisional memiliki resiko kehilangan atau kerusakan data jika device atau gadget yang terpasang software tersebut rusak. Kemungkinan data tercuri juga mungkin terjadi jika komputer anda dicuri atau dibajak oleh orang lain. Namun, jika menggunakan software akuntansi berbasis online data anda akan aman karena disimpan di dalam sistem cloud. Akses untuk masuk ke dalam sistem cloud dikunci dengan password yang diset oleh pengguna. Dengan demikian data akan lebih aman.

Bagaimana jika software akuntansi tersebut dibobol? Keamanan server software akuntansi berbasis online didukung oleh sistem keamanan yang terupdate setiap harinya. Perusahaan penyedia software akuntansi ini juga tidak akan mengetahui data yang anda masukan. Data anda juga akan di-back-up secara otomatis untuk memastikan keamanan dan keselamatan data jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Software akuntansi online adalah suatu terobosan baru dalam dunia akuntansi. Software ini memiliki keunggulan yang yang lebih dibandingkan dengan software akuntansi tradisional. Selain ringan dan mudah dipakai, software akuntansi juga tidak memerlukan biaya yang banyak. Sebuah perusahaan biasanya hanya akan berlangganan dalam kurun waktu tertentu dengan biaya tertentu. Biaya tersebut sudah termasuk update dan upgrade dari softwarenya.