Semenjak pertengahan tahun lalu isu BBM sudah menjadi bahan pembicaraan hangat bagi masyarakat Indonesia. Setelah melewati masa pemilihan umum tahun 2014 lalu, BBM sudah beberapa kali menjadi perhatian publik. Harga BBM yang fluktuatif ini sebetulnya memberikan efek kepada kesehatan keuangan dalam suatu perusahaan. Dan seorang akuntan atau ahli keuangan tahu betul hal ini, karena mereka yang benar-benar mengalami dampaknya.

Pengaruh Arus Kas

Setiap perusahaan pasti memiliki cash flow atau arus kas. Arus kas sangat berpengaruh pada prediksi, perencanaan dan segala bentuk perhitungan yang dilakukan para akuntan, ahli keuangan dan analis finansial. Indonesia di satu sisi, jarang mengalami fluktuasi harga BBM. Biasanya harga BBM sangat mudah untuk ditebak karena cenderung flat dari waktu ke waktu.

Ketika harga BBM ini mengalami fluktuasi, arus kas setiap perusahaan tentunya mengalami perubahan. Perubahan-perubahan anggaran ini sangat tidak menguntungkan departemen finansial atau akuntansi, karena instabilitas harga BBM. Misalnya saja perusahaan pelayaran, mereka tentu mengalami kerugian baik secara materil maupun non materil ketika BBM mengalami fluktuasi. Hal yang sama juga terjadi pada perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri lain.

Nilai Pasar

Fluktuasi harga BBM juga mempengaruhi nilai pasar suatu barang atau objek ekonomi. Nilai yang tadinya mudah ditentukan akhirnya mengalami perubahan juga. Hal ini tidak menguntungkan dari sisi finansial dan akuntansi. berubahnya nilai objek ekonomi yang drastis dapat mempengaruhi operasional setiap perusahaan. Misalnya saja, nilai pasar suatu aset perusahaan seperti mobil ataupun kendaraan bermotor, atau bahkan gedung kantor yang biaya operasionalnya meroket, sehingga berpengaruh terhadap nilai objek ekonominya.

Kesimpulan

Perusahaan harus menyusun strategi khusus untuk menghadapi kondisi seperti ini. Fluktuasi harga BBM sedikit banyak akan mempengaruhi kesehatan keuangan dan akuntansi suatu perusahaan. Dengan mengetahui efek-efek di atas, Anda tentu dapat menyusun strategi-strategi yang tepat sesuai dengan bisnis Anda untuk dapat melalui kondisi seperti ini dengan baik.

Indra