Akhir-akhir ini banyak orang mulai membuka bisnis online. Barang yang dijual mulai dari pakaian, makanan, alat rumah tangga sampai sayur-mayur. Namun hanya sedikit orang yang paham bagaimana cara berjualan secara online yang baik dan benar sehingga usahanya menjadi sukses dan menghasilkan untung yang besar. Berikut kami paparkan beberapa tips untuk membuat bisnis online anda menjadi sukses.

 

1. Fokus dan Konsisten

Tips pertama ini terdengar mudah, namun jangan pernah dianggap enteng. Ya, menjadi fokus dan konsisten pada bisnis online yang anda jalani saat ini menjadi sangat penting untuk menjaga tren dan kebutuhan pasar. Fokus dan konsisten dalam melakukan promosi, melakukan riset pasar sederhana sampai konsisten mengupdate lapak jualannya.

 

2. Be different

Biasanya seseorang membuka bisnis online karena melihat banyak orang lain yang sudah sukses membuka bisnis tersebut. Sehingga ia ikut-ikutan membuka bisnis online dengan produk yang bahkan sama dengan yang sudah ada. Disini lah anda harus pandai-pandai berstrategi. Produk anda boleh sama, harga boleh sama, namun anda harus menambahkan sesuatu yang lebih yang bisa menambah nilai jual produk anda. Berilah sesuatu yang tidak diberikan oleh penjual lain ke pelanggan misalnya: packaging produk yang menarik, promosi berhadiah, atau kata-kata mutiara yang menambah semangat pelanggan yang diselipkan pada barang yang anda kirim ke pelanggan. Dengan begitu, produk anda akan lebih diingat oleh pelanggan.

 

3. Use right and different picture for your product

Banyak orang yang melakukan bisnis online dengan cara asal memasang gambar untuk produknya. Bahkan tak jarang mereka asal comot gambar dari lapak sebelah untuk dipakai di lapak jualannya. Inilah kesalahan yang tidak bisa dimaafkan dalam bisnis online. Survey membuktikan bahwa hampir, seseorang akan membeli produk secara online karena gambar dan tampilan yang menarik di situs jualan online. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan foto-foto produk anda di lapak jualan anda. Gunakanlah gambar yang dengan resolusi bagus dan mewakili produk yang anda jual. Tidak harus anda foto sendiri, anda bisa saja cari di internet untuk gambarnya. Namun ingat, jangan copy-paste gambarnya. Editlah terlebih dahulu, baru anda unggah ke lapak jualan anda.

 

4. Beri deskripsi produk yang informatif dan menarik perhatian

Salah satu kesalahan dalam bisnis online selain menampilkan gambar seadaanya adalah memberikan deskripsi produk yang asal-asalan. Memberikan deskripsi untuk produk memang sesuatu hal yang sepele, namun itu menjadi sesuatu yang krusial. Dengan menampilkan deksripsi produk, pembeli akan tahu keunggulan produk yang anda jual. Deskripsi produk tidak harus panjang, yang terpenting informatif dan menarik.

 

5. Jangan jadi hantu

Satu hal yang terpenting dalam melakukan bisnis secara online adalah keterbukaan. Keterbukaan disini maksudnya adalah memberikan kontak dan alamat anda di dunia nyata. Pembeli biasanya akan membeli produk dari sebuah situs jualan online yang menampilkan kontak dan alamat asli dari si pemilik usaha. Hal ini dikarenakan, ia akan merasa aman dalam bertransaksi jika alamat dan kontak yang diberikan oleh si penjual adalah alamat dan nomor kontak yang asli. Sehingga jika nanti terjadi masalah, mereka dapat menghubungi si penjual dengan mudah.

 

6. Pelanggan anda adalah spesial, bukan raja

Ada ungkapan yang menyatakan “Pembeli adalah Raja”. Saat ini ungkapan tersebut tidaklah benar sepenuhnya. Anda memang butuh melayani calon pembeli agar mereka mau membeli produk anda. Namun jangan jadikan mereka sebagai raja yang semua permintaannya anda penuhi. Jadikan lah ia seorang yang spesial di lapak jualan anda. Berikan layanan terbaik yang anda bisa. Semua orang suka dilayani, bahkan tidak jarang mereka akan membayar lebih karena layanan yang anda berikan lebih daripada yang lain.

 

7. Lakukan promosi di saat yang tepat dan cara yang tepat

Promosi menjadi hal yang terpenting agar lapak jualan anda dikenal oleh banyak orang. Namun promosi yang terlalu gencar dan sering di media sosial akan membuat orang merasa bosan atau bahkan kesal. Coba lah untuk melakukan promosi di waktu-waktu yang tepat. Anda bisa buka situs pinterest untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan promosi di media sosial. Manfaatkan kanal-kanal media sosial yang ada, agar promosi anda menjadi masif dan efektif

 

8. Price is the matter

Tidak bisa dipungkiri bahwa harga adalah salah satu faktor yang membuat calon pembeli mau membeli sebuah produk. Pasanglah harga yang sesuai dengan harga pasaran yang ada untuk produk anda. Prinsip dasar dalam berjualan adalah anda mengambil untung dari harga sebenarnya dari produk anda. Namun anda perlu cerdas dalam memberikan harga untuk produk anda. Di jaman sekarang, semua informasi tersedia dimana-mana sehingga calon pembeli bisa melakukan perbandingan harga dari sebuah produk, sehingga sebagai penjual janganlah menjual dengan harga terlampau tinggi. Kecuali memang ada hal lain yang kita tawarkan kepada calon pembeli.

 

9. Lakukan pencatatan penjualan anda dengan teliti

Melakukan pencatatan penjualan adalah salah satu kegiatan penting dalam melakukan sebuah usaha bisnis. Dengan melakukan pencatatan keuangan penjualan bisnis anda, anda akan dapat membuat pola pasar dan prediksi kapan dan bagaimana usaha anda dapat mengambil kesempatan untuk mengambil keuntungan. Tentunya pencatatan penjualan ini sebaiknya dilakukan dengan menggunakan aplikasi online agar pencatatan dapat dilakukan secara real time. Salah satu aplikasi pencatatan penjualan di web akuntansionline.id. Anda dapat mengklik tautan berikut untuk mengikuti demonya. [highlights]Klik disini[/highlights]

 

10. Sabar

Diawali dengan fokus dan konsisten, maka tips terakhir untuk anda dalam berjualan online adalah sabar. Situs jualan online yang mapan, tidak mendapatkan kesuksesannya dengan cara instan dan mudah. Kesuksesan mereka adalah buah dari konsistensi dan kesabaran dalam melakukan usaha ini. Maka dari itu, anda pun harus sabar dalam menggeluti usaha ini. Ada waktunya anda akan meraih seperti yang telah mereka dapatkan pada saat ini.

 

Kesimpulan

Kesuksesan bisnis online anda tidak datang dengan sendirinya. Anda harus berusaha semaksimal mungkin dengan kemampuan, sumber daya dan kesempatan yang anda miliki. Tips-tips di atas hanya sebagian kecil masukan yang dapat membantu anda. Hasilnya? tergantung bagaimana cara anda menjalani dan menggeluti bisnis online tersebut. Silakan mencoba dan semoga sukses.