Manfaat Laporan Keuangan untuk Pebisnis Pemula

Setiap bisnis tentunya memiliki transaksi keuangan tiap harinya. Transaksi keuangan ini yang menjadi nyawa perusahaan untuk tetap bertahan dan terus berkembang. Karena pentingnya hal ini, pemilik usaha harusnya mampu mencatat dan mengelola semua transaksi yang ada. Hal ini membuat laporan keuangan menjadi sesuatu yang sangat penting diperhatikan setiap pemilik usaha. Namun banyak pebisnis pemula yang abai terhadap laporan keuangan. Mereka menganggap, selama transaksi lancar maka laporan keuangan tidak diperlukan. Padahal jika diperhatikan lebih lanjut, laporan keuangan sangat bermanfaat bagi pebisnis pemula dalam menjalankan bisnisnya. Lalu apa saja manfaat laporan keuangan bagi pebisnis pemula, berikut penjelasannya.

1.      Referensi Penting untuk Mengambil Keputusan

Sebagai seorang pebisnis, mengambil keputusan yang tepat adalah hal yang harus selalu dilakukan untuk kemajuan perusahaan. Salah satu referensi yang dapat dijadikan acuan untuk mengambil keputusan tepat adalah laporan keuangan. Dari laporan keuangan, pebisnis dapat melihat bagaimana kondisi perusahaan terkini, terutama dari sisi finansial perusahaan. Dengan menjadikan laporan keuanga  sebagai acuan, pengambilan keputusan perusahaan dapat menjadi lebih terarah untuk kepentingan pengembangan bisnis dan kemajuan usaha.

2.      Informasi Perhitungan Pajak

Membayar pajak adalah kewajiban bagi seluruh pemilik usaha yang telah memenuhi syaratnya. Meskipun perusahaan tersebut kecil atau perusahaan baru, jika persyaratan sebagai wajib pajak telah terpenuhi, maka ia subjek yang memiliki kewajiban untuk membayar pajak. Jumlah yang harus dibayarkan wajib pajak setiap tahunnya berbeda. Hal ini berdasarkan perhitugan omset perusahaan. Oleh karena itu, Laporan keuangan memiliki manfaat untuk menjadi referensi penting yang dapat dijadikan dasar perhitungan pajak perusahaan. Hal ini dikarenakan laporan keuangan memuat segala hal yang berhubugan dengan transaksi keuangan perusahaan.

3.      Melihat Jumlah Keuntungan

Dalam suatu bisnis tentunya akan ada fase di mana pebisnis memiliki pendapatan yang banyak atau sedikit. Melalui laporan keuangan inilah pebisnis bisa melihat dan menganalisa berapa jumlah keuntungan dari bisnis, apakah memiliki keuntungan yang tinggi atau malah mengalami kerugian? Melalui laporan laba & rugi yang ada,  seorang pebisnis bisa melihat semuanya dengan transparan.