Para pengusaha Usaha Kecil Menengah (UKM) sering bingung dan bertanya “Apakah kedai bakso saya perlu menerapkan pelaporan akuntansi?” atau “Pentingkah pelaporan keuangan untuk usaha kerajinan kayu jati saya?”. Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah “Perlu dan Penting”. Pada dasarnya, setiap kegiatan yang di dalamnya terdapat transaksi keuangan perlu menerapkan pembukuan akuntansi, begitu juga untuk UKM. Karena pembukuan akuntansi akan membuat pengusaha UKM, mengetahui arus kas dan kondisi keuangan usahanya. Namun sayangnya, banyak pengusaha UKM yang tidak memahami permasalahan tersebut. Mereka menganggap bahwa pembukuan akuntansi memakan waktu dan biaya mereka dalam melakukan usaha mereka tersebut. Terlebih lagi, mereka juga menganggap kegiatan usaha yang mereka jalani adalah usaha keluarga dan tidak terlalu rumit untuk di jalankan. Padahal banyak manfaat yang didapat jika pengusaha UKM menerapkan pembukuan akuntansi. Apa saja manfaat tersebut, berikut kami sajikan dua manfaat akuntansi bagi pengusaha UKM.

 

Mengetahui Kondisi Usaha

Bagi sebagian besar pengusaha UKM, mengetahui kondisi usaha yang mereka jalani sederhananya dengan menghitung omset harian. Namun tahu kah anda bahwa terkadang ada biaya tak terduga yang sebenarnya berpotensi menggerus omset dan luput dari pengetahuan kita. Misalnya ketika anda atau keluarga anda sakit, terkadang anda akan mengambil sebagian uang yang anda alokasikan untuk usaha anda untuk membiayai perawatan dan pengobatannya. Bagi anda sebagai seorang pengusaha UKM hal tersebut mungkin lumrah. Namun pernahkah anda menghitung ulang biaya tak terduga tersebut dan mengetahui ternyata mengurangi omset usaha anda? Oleh karena itu, pembukuan akuntansi menjadi penting untuk usaha anda. Baca juga Kaitan Pembukuan Keuangan Dengan Kesuksesan Bisnis.

 

Membantu Anda Mendapatkan Kredit Pinjaman

Kredit pinjaman bagi pengusaha UKM penting untuk terus menjalankan usahanya. Namun untuk mendapatkan kredit tidak lah mudah. Sebagai seorang pengusaha UKM, pernahkah anda ditolak pengajuan kredit usaha anda oleh kreditur? Coba anda ingat kembali, alasan apa yang diberikan oleh kreditur ketika menolak pengajuan kredit untuk anda. Kemungkinan besar salah satu alasannya adalah usaha anda tidak memiliki laporan keuangan yang akurat. Bagi seorang kreditur, membaca laporan keuangan atau pembukuan akuntansi adalah hal yang penting. Dengan membaca laporan keuangan suatu usaha, kreditur dapat menilai dan memprediksi apakah usaha tersebut dapat berkembang dan mampu mengembalikan pinjaman kreditnya. Sehingga pengusaha UKM perlu melakukan pembukuan ditiap transaksi keuangan di usaha yang sedang digelutinya agar dapat meyakinkan kreditur bahwa usaha yang dijalankannya berjalan lancar dan keuangannya sehat.

 

Kesimpulan

Dari penjabaran di atas, terlihat bahwa kegiatan pembukuan sangat penting bagi pengusaha UKM. Hal ini karena pencatatan akuntansi memberikan manfaat yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha yang dijalani oleh pengusaha UKM. Untuk menanggulangi masalah biaya-biaya yang muncul atau waktu yang terbuang untuk melakukan pembukuan transaksi, pengusaha UKM bisa menggunakan software akuntansi. Software akuntansi dibuat untuk mempermudah proses pencatatan pembukuan. Dengan menggunakan software akuntansi, pengusaha UKM tidak perlu menyewa jasa akuntan atau mempekerjakan karyawan dengan background pendidikan akuntansi. Salah satu software akuntansi yang dapat dicoba adalah software yang ada di situs [highlights]akuntansionline.id[/highlights]. Di situs tersebut pengusaha UKM bisa berkonsultasi dengan pakar akuntansi yang sudah berpengalaman. Baca juga artikel tentang Rahasia Sukses Berbisnis Online [highlights]disini[/highlights].