Mana Software Akuntansi Yang Efektif: Online atau Offline?

 

Software akuntansi sangat bermanfaat bagi perusahaan atau siapapun yang menjalankan bisnis. Menggunakan software akuntansi untuk menghitung dan membuat laporan keuangan atau neraca menjadi lebih mudah. Seperti yang kita ketahui, aktifitas keuangan yang dilakukan seorang akuntan di perusahaan sangat banyak, diantaranya adalah membuat laporan keuangan, belum lagi membuat laporan neraca, buku besar, jurnal yang semuanya membutuhkan waktu dan tenaga tentunya. Software akuntansi ini lah yang meringankan pekerjaan seorang akuntan dan membuat bisnis menjadi lebih lancar.

Saat ini ada dua jenis software akuntansi yang ada di masyarakat yaitu software akuntansi offline dan software akuntansi online. Meskipun memiliki fungsi yang sama, kedua software akuntansi ini memiliki beberpaa perbedaan. Perbedaan-perbedaan di dalamnya sering menumbulkan pertanyaan diantara beberapa pebisnis dan akuntan. Software akuntansi mana yang lebih efektif untuk bisnis mereka? Offline atau Online? Melalui artikel ini kami akan membedah keefektifan kedua software akuntansi tersebut untuk anda.

Software Akuntansi Offline

Software akuntansi offline adalah software akuntansi yang terpasang secara permanen di komputer. Kelebihan software ini adalah memiliki performa yang baik karena berjalan diatas spesifikasi hardware dari komputer yang dipasang. Kelebihan lain adalah software ini tidak membutuhkan koneksi internet sehingga dapat dibuka diluar jaringan yang ada. Sedangkan kelemahannya, software ini tidak dapat diakses dari jarak jauh apabila ada keperluan pengawasan atau pengambilan database laporan keuangan dari program. Kemudian, software ini tidak dapat disebarkan karena memiliki nomor seri yang berbeda satu sama lain untuk komputer yang berbeda. Meskipun demikian, software ini sangat efektif untuk pebisnis atau akuntan yang jarang melakukan perjalanan dinas. Dengan spesifikasi komputer yang sesuai, software ini akan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan.

Software Akuntansi Online

Software akuntansi online adalah software akuntansi jenis baru yang beredar di masyarakat. Kelebihan software ini adalah dapat dengan mudah diakses dimana saja dengan menggunakan browser tanpa harus instalasi software di gadget yang digunakan. Kemudian, software ini sangat ringan dan tidak memerlukan spesifikasi gadget yang tinggi. Namun software ini sangat memerlukan koneksi internet dengan kecepatan yang mumpuni. Jika tidak, software ini tidak dapat diakses. Software akuntansi online sangat cocok digunakan oleh pebisnis dan akuntan yang dinamis dan selalu berpergian.

Dari uraian di atas, kita tidak dapat mengukur dengan pasti software akuntansi mana yang lebih efektif. Semuanya tergantung pada keperluan masing-masing pebisnis dan akuntan. Namun satu yang pasti, software akuntansi Zahir dan Akuntansi Online adalah software akuntansi terbaik yang diciptakan anak bangsa. Dengan fitur-fitur yang ada, kedua software ini layak menjadi mitra bisnis anda dalam menciptakan laporan keuangan yang sesuai standar.