Dalam mengembangkan start up, pendanaan dan pembiayaan adalah hal yang cukup krusial bagi para entepreneur. Pembiayaan untuk start up didapatkan dari berbagai macam jalur, salah satunya adalah melalui investor. Investor adalah salah satu elemen terpenting dalam pembiayaan usaha start up anda. Resiko meminta dana investasi dari investor tergolong kecil jika dibandingkan dengan resiko meminjam di bank. Namun sebelum memberikan dana investasi, investor ingin mengetahui beberapa hal terkait usaha start up yang anda jalani. Berikut 4 keinginan investor sebelum memberikan dana investasi ke bisnis start up anda.

1.   Rencana dan Strategi Bisnis Startup

Sebelum memberikan dana investasinya, investor biasanya akan mengetahui dan menilai rencana dan strategi bisnis start up anda. Investor ingin mengetahui apakah rencana dan strategi bisnis start up anda memiliki memiliki sesuatu yang berbeda dan spesial ketika produk anda diluncurkan. Selain itu, investor juga akan menilai rencana dan strategi anda, apakah dimasa yang akan datang dana investasinya dapat menghasilkan sesuatu untuk dirinya. Oleh karena itu, tunjukan pada investor sesuatu yang berbeda dan spesial dari produk anda. Tunjukan juga pada investor bahwa produk anda memiliki pasar yang menjanjikan di masa yang akan datang

2.   Tim yang Solid dan Bekerja Sukses

Saat ini, investor lebih berhati-hati dan cerdik dalam mengeluarkan dana investasinya. Investor saat ini tidak ingin membeli kucing dalam karung. Sebelum memberikan investasinya pada sebuah start up, investor juga akan menilai tim yang bekerja untuk bisnis start up tersebut. Sehingga ketika memilih tim atau mitra kerja, seorang entepreneur dituntut untuk merekrut orang-orang yang spesial di bidangnya dan mau bekerja keras untuk kemajuan bisnis start up.

3.   Model Bisnis yang Menjanjikan

Tujuan investor menginvestasikan dananya tentu adalah untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari nilai investasinya. Oleh karena itu, dalam model bisnis yang anda buat, anda harus menunjukkan arus kas yang menguntungkan. Dengan demikian, investor akan lebih tertarik terhadap bisnis start up anda.

4.   Ukuran Pasar Produk Anda

Saat ini, ukuran pasar produk juga menjadi penilaian investor sebelum menginvestasikan dana ke dalam bisnis startup anda. Investor akan tertarik pada produk anda jika produk anda memiliki kualitas pasar yang menjanjikan. Pasar yang anda sasar tidak perlu banyak dan luas. Namun pasar yang kecil namun kualitas yang besar akan lebih dipertimbangkan oleh investor.

Kesimpulan

Sudah sepantasnya sebelum menginvestasikan dana ke dalam sebuah unit usaha, investor akan melakukan audit dan penilaian terhadap usaha tersebut. Yang diperlukan seorang entepreneur untuk meyakinkan investor adalah membuat start up yang sedang ia jalani menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Oleh karena itu, pelaporan keuangan, pencatatan transaksi, revisi bisnis model dan pengukuran pasar menjadi hal penting yang perlu diperhatikan entepreneur.