Kemajuan dan inovasi di bidang teknologi dan informasi melahirkan sebuah era yang dapat membawa kemudahan bagi banyak kalangan. Salah satu inovasi di bidang teknologi dan informasi yang paling diikuti oleh banyak orang pada saat ini adalah teknologi telepon seluler (Ponsel). Ponsel menjadi salah satu benda wajib yang dibawa oleh hampir semua orang, khususnya kaum urban. Saat ini, ponsel ibarat asisten pribadi, yang dapat memenuhi dan menunjang segala macam kebutuhan dan aktivitas para pemakainya, baik untuk kebutuhan bisnis, bersosialisasi ataupun kebutuhan pribadi.
Jika anda termasuk kaum urban, bisa dibilang anda tidak akan pernah bisa lepas dari ponsel atau smartphone anda. Ditambah lagi kini beragam aplikasi dalam ponsel pintar sangat mendukung kegiatan anda sebagai kaum urban. Namun, dari sekian banyak aplikasi, inilah 5 aplikasi yang wajib dimiliki oleh kaum urban:

1. Catatan Singkat dan Pengingat
Kebanyakan kaum urban adalah para pekerja yang mobile dan dinamis. Maka, wajar bila mereka sering melahirkan ide-ide segar ataupun rapat dengan rekan kerja mereka tanpa peduli tempat dan waktu. Oleh karena itu, yang dibutuhkan orang-orang seperti ini adalah aplikasi smartphone berupa catatan atau notes. Dengan aplikasi tersebut mereka lebih mudah mencatat apa saja yang tengah terpikirkan atau ketika ia rapat bersama rekan bisnisnya. Semua bisa mengalir begitu saja, mulai ide, hal kecil, hingga hal-hal penting lainnya. Catatan itu biasanya juga berguna sebagai pengingat. Kaum urban memang dikenal sebagai pekerja keras yang kerap melupakan hal-hal kecil. Karena itulah, reminder dalam smartphone sangat membantu keseharian mereka. Contoh aplikasi catatan singkat dan pengingat seperti Evernote, Trello, Wunderlist dan lain-lain

2. Media Sosial dan Messenger
Eksistensi begitu penting bagi kaum urban. Media sosial bisa menjadi salah satu wadahnya. Selain itu, media sosial dapat menjadi tempat bercengkerama dengan teman-teman lama. Untuk itulah, aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter, Path adalah beberapa aplikasi wajib di-installsebelum aplikasi-aplikasi lainnya. Selain melalui media sosial, kaum urban juga bercengkrama dengan sesamanya melalui aplikasi messenger. Aplikasi messenger seakan mendekatkan mereka dengan teman-teman atau rekan bisnis mereka ditengah kesibukan mereka. Aplikasi seperti Whatsapp, BBM, dan Line adalah aplikasi yang pasti selalu ada di dalam smartphone mereka.

3. Portal Berita
Kaum urban tak ingin melewatkan berita dan informasi terbaru begitu saja. Mereka sadar, beragam pengetahuan dan kondisi sosial terbaru dapat memperluas wawasan mereka. Untuk itu, portal berita menjadi aplikasi wajib dlaam ponsel. Portal berita biasanya dibuka saat waktu luang. Mereka juga biasa membukanya saat berada dalam transportasi umum di perjalanan.

4. Peta atau Maps
Kaum urban adalah pekerja yang dinamis dan sering melakukan perjalanan. Oleh karena itu, aplikasi peta sangat penting dalam keseharian mereka. Ditambah lagi jika aplikasi tersebut dapat memberikan informasi tentang situasi, kondisi jalan dan rute ke tempat yang mereka tuju. Entah itu untuk menghindari kemacetan atau untuk efisiensi waktu perjalanan mereka. Sehingga aplikasi seperti Gmaps dan Waze adalah aplikasi yang sangat dibutuhkan dan wajib mereka miliki.

5. Cloud Sharing Application
Cloud sharing application adalah aplikasi berbagi file dan data melalui layanan cloud. Aplikasi ini berguna bagi kaum urban yang mobile dan dinamis untuk saling berbagi file dan data dalam suatu wadah bersama. Berbeda dengan layanan email yang mengirimkan file dari satu orang ke orang lain, cloud sharing application memungkinkan seseorang membagikan file atau datanya melalui sebuah layanan cloud yang dapat diunduh oleh orang banyak. Jika ingin mengirimkan file melalui email seseorang harus menuliskan alamat email orang yang tuju, namun jika melalui cloud sharing application ia hanya tinggal mengunggahnya ke layanan cloud tersebut. Dan semua orang yang terintegrasi dengan akunnya akan dapat mengunduhnya dengan mudah. Cloud sharing application juga memiliki kapasistas penyimpanan file yang besar. sehingga anda tidak perlu khawatir ketika berbagi file dengan kapasitas besar, karena jika melalui email ada batasan kuota besaran file yang bisa dikirimkan. COntoh aplikasi ini adalah dropbox, Google Drive dan Cloud Accounting Software.