Bermula dari Manfaat Dasarnya

Pembukuan keuangan menjadi hal yang sangat inti dalam keberlangsungan “hidup” suatu organisasi. Ibarat jantung yang sehat, akan memberi dampak yang sehat juga bagi peredaran darah. Dengan analogi seperti itu, sudah semestinya pembukuan keuangan dijadikan sebagai cara yang esensial yang dapat disikapi secara serius. Faktanya di era globalisasi sekarang ini masih ada pengusaha yang belum memperhatikan secara saksama manfaat dari pembukuan keuangan yang benar. Hal ini dapat terlihat dari dalih sebagai berikut:

  1. Memerlukan uang banyak untuk merancang pembukuan yang sistematis.
  2. Belum tentu dengan adanya pembukuan keuangan tersistem dapat menjamin kesuksesan bisnis.
  3. Masih dihantui dengan kurang mampunya menjalankan teknologi alias gaptek.
  4. Bukan pakar akuntansi, pembukuan hanya sekadar saja.
  5. Rumitnya memantau laporan keuangan.
  6. Masih belum percayanya pengusaha jika pembukuan keuangan tidak dilakukan oleh dirinya sendiri.
  7. Masih meragukan keamanan data keuangan.

Dan masih banyak lagi pola pikir yang salah yang sudah terbentuk oleh diri pengusaha khususnya yang baru saja memulakan bisnis. Untuk itu, perlu adanya sosialisasi atas manfaat pembukuan keuangan yang terpadu dengan cara mengadakan seminar, pengenalan di media massa, membuka peluang pebisnis untuk mencoba konsultasi gratis menyusun laporan keuangan yang didukung oleh software, dsb.

 

Konsultasi Gratis

Konsultasi gratis mengenai keuangan dan akuntansi oleh konsultan profesional menjadi wadah yang sangat tepat untuk mengubah pola pikir pebisnis ke arah yang lebih positif terhadap pembukuan keuangan yang tersistem. Adapun strategi yang biasa diberikan oleh konsultan seperti:

  1. Memberi pemahaman atas efektivitas dan efisiensi atas pembukuan keuangan yang terstruktur.
  2. Meningkatkan pengetahuan akan akuntansi perusahaan dan teknologi.
  3. Mendampingi pembukuan sampai bisa
  4. Membuktikan bahwa dengan menyusun laporan keuangan menggunakan sistem akan memengaruhi keberhasilan perusahaan.

 

Inilah Kaitan Antarkeduanya

Apa sebenarnya yang membuat konsultan keuangan yakin bahwa pembukuan keuangan yang tersistem dapat memengaruhi keberhasilan perusahaan? Ada beberapa faktor yang secara langsung memengaruhinya akan tetapi banyak pula pengusaha yang belum menyadari arti pentingnya.

  1. Mengelola transaksi dengan lebih rapi
    Dengan menerapkan pembukuan keuangan yang terstruktur, segala nota transaksi dapat dipilah berdasarkan jenis transaksinya kemudian diinput dalam sistem dengan cara mudah dan saksama.
  2. Memantau utang-piutang dan stok barang
    Pembukuan keuangan yang diterapkan di dalam sistem memudahkan akuntan maupun pegawai pembukuan dalam memantau berapa jumlah utang dan piutang, vendor dan customer mana saja yang masih memiliki saldo utang dan piutang, berapa sisa stok yang ada di buku dan gudang, dsb.
  3. Menyajikan laporan keuangan secara realtime
    Dengan adanya sistem yang terpadu dan online laporan keuangan langsung terbentuk sejak kali pertama input transaksi dan dapat dipantau kapan pun secara online.
  4. Laporan arus kas yang terbentuk secara otomatis
    Laporan arus kas adalah laporan realtime yang sangat berguna bagi perusahaan. Pasalnya laporan ini menyajikan nilai masuk dan keluar kas/ bank yang betul-betul ada. Dengan demikian pengusaha dan staf pembukuan tidak lagi terjebak dengan nilai pendapatan yang tinggi padahal pendapatan itu bisa saja berbentuk piutang usaha yang belum tertagih.
  5. Jaminan konsultasi dan pendampingan
    Penerapan pembukuan keuangan yang tersistem tidak terlepas dari pendampingan dan konsultasi dari konsultan profesional yang menjamin bahwa sistem dapat berjalan secara lancar dan benar.

 

Kesimpulan

Kesuksesan dalam berbisnis terletak dari mudahnya menilai kinerja keuangan perusahaan. Untuk menilai kinerja keuangan perusahaan diperlukan sistem dan konsultasi yang tepat guna. Inilah mengapa pembukuan keuangan modern dapat memengaruhi kesuksesan bisnis Anda. Di sinilah Anda dapat memulai mengambil keputusan bisnis dengan cepat dan tepat.