Di era yang serba mobile dan cepat ini, software berbasis cloud (cloud computing) menjadi salah satu solusi untuk seseorang, termasuk anda, agar dapat terus up to date terhadap segala hal. Hanya dengan menggunakan mobile gadget yang anda gunakan, seperti smartphone, tablet phone atau laptop, anda dapat melihat perkembangan bisnis, keuangan dan update berita terbaru lainnya, dan bahkan anda bisa berinteraksi cepat dengan klien, customer, vendor dan bahkan karyawan anda. Contohnya, anda ingin membalas email klien anda dengan cepat padahal anda sedang tidak berada di kantor. Anda tinggal mengirimkan email melalui gadget anda. Anda ingin mengetahui tentang kondisi bisnis terkini, anda tinggal melihat update terbaru melalui gadget anda. Atau anda bingung mencari lokasi tempat meeting bersama klien, anda pun tinggal membuka aplikasi map di gadget anda. Begitu juga dengan software akuntansi berbasis cloud (cloud accounting), seperti [highlights]AkuntansiOnline.id[/highlights], yang menjadi salah satu solusi untuk kegiatan bisnis yang terus berkembang yang terus menuntut keakuratan dan keamanan data-data keuangan atau akuntansi mereka.

Lalu, apa yang membuat cloud accounting tempat paling aman untuk data keuangan anda? Pertama-tama, mari kita tengok cara tradisional penyimpanan data transaksi perusahaan oleh divisi keuangan anda. Tanpa menggunakan cloud accounting, perusahaan akan menggunakan kertas untuk mencatat data transaksi keuangannya, dengan cara mencetak atau menulis dengan tangan. Jika pencatatan transaksi keuangan tidak banyak mungkin tidak masalah. Tetapi jika perusahaan anda memiliki transaksi keuangan yang banyak dan kompleks, berapa banyak rim kertas yang perlu anda siapkan untuk satu periode akuntansinya. Belum lagi kinerja akuntan anda yang mungkin terbatas. Terlebih lagi umur kertas mungkin tidak bertahan lama dan resiko data tersebut menjadi cacat atau rusak juga sangat besar yang bisa membuat data transaksi anda bisa saja hilang atau tercecer. Sering anda lihat banyaknya kabinet tempat penyimpanan data keuangan perusahaan anda di ruang divisi keuangan yang sayang kalau dibuang dan terlihat berantakan jika dibiarkan. Keamanan dan kerapihan dari data keuangan anda yang disimpan di dalam kabinet juga sangat rawan jika masih menggunakan cara lama ini.

Berbeda halnya jika anda menggunakan cloud accounting seperti [highlights]AkuntansiOnline.id[/highlights]. Dengan menggunakan cloud accounting, anda tidak memerlukan kertas untuk menyimpan dan mengamankan data transaksi keuangan perusahaan anda. Hanya dengan satu akun di server cloud accounting, anda dapat menyimpan, melihat atau bahkan membuat diagram tentang kondisi keuangan perusahaan anda. Data-data tersebut terunggah ke dalam suatu server cloud dan dapat anda gunakan kapan saja dimana saja. Anda tidak perlu lagi repot mencari dan membawa kertas-kertas transaksi keuangan ketika meeting atau repot membuat diagram tabel dari data transaksi keuangan perusahaan tentang kondisi keuangan perusahaan anda, hanya tinggal menggunakan gadget mobile anda semua dapat tersaji dan ditampilkan tepat ketika anda memerlukannya. Anda dapat mencoba cloud accounting dari [highlights]AkuntansiOnline.id[/highlights] [highlights]disini[/highlights].

Bagaimana dengan keamanan data anda di server? Perusahaan penyedia jasa cloud accounting, seperti [highlights]AkuntansiOnline.id[/highlights], tentunya memiliki programer dan teknisi handal yang bekerja membuat sistem keamanan server cloud. Mereka ini sebenarnya adalah “hacker” yang dipekerjakan untuk mengetahui bagaimana hacker-hacker nakal meretas sebuah server. Mereka menggunakan kode-kode program yang terenkripsi secara khusus untuk mengamankan data-data anda secara maksimal. Program-program tersebut terus diperbaharui setiap harinya untuk memastikan keamanan terhadap data-data yang anda unggah ke server. Dengan demikian data-data keuangan anda aman dari hacker nakal, pencurian, kebakaran atau kerusakan. Selain membuat sistem keamanan yang baik untuk menjaga data-data transaksi, para programer dan teknisi cloud accounting juga membuat desain dan tampilan software yang mudah digunakan oleh pengguna. Seperti software [highlights]AkuntansiOnline.id[/highlights], tampilan software [highlights]AkuntansiOnline.id[/highlights] dibuat dengan friendly user. Anda dapat mencoba software [highlights]AkuntansiOnline.id[/highlights] dengan mencobanya [highlights]disini[/highlights].