Bekerja sebagai seorang akuntan sebenarnya adalah pekerjaan yang cukup monoton. Anda sebagai akuntan tentu merasakan bagaimana membosankannya bekerja di kantor, melihat berlembar-lembar kertas transaksi keuangan perusahaan, membuat laporan-laporan keuangan dengan tabel-tabel excel yang tidak berwarna sama sekali dan lain-lain, bukan kah demikian? Namun banyak yang tidak mengetahui, bahwa akuntan pun sebenarnya dapat bekerja di rumah dengan tetap menyelesaikan semua pencatatan transaksi dan laporan-laporan keuangan. Bekerja di rumah bagi akuntan, khususnya akuntan publik, adalah sah-sah saja. Memang ada kekhawatiran jika bekerja di rumah, yang ada tugas akan terbengkalai dan tidak terselesaikan tepat waktu. Oleh karena itu, perlu ada kiat-kiat khusus yang dilakukan agar semangat, motivasi dan profesionalitas akuntan anda tetap terjaga. Berikut ini kami berikan tips-tips agar akuntan bekerja di rumah.

  1. Mengatur Jadwal dengan Baik

Bekerja di rumah akan membuat anda lalai jika anda tidak membuat jadwal kerja. Oleh karena itu, buatlah jadwal pekerjaan anda sendiri. Tentukan juga target penyelesaian dari suatu proyek atau laporan yang anda kerjakan. Buat juga alarm reminder untuk tiap waktu dan jadwal yang sudah anda tetapkan agar anda tetap fokus pada pekerjaan anda.

  1. Pilih Ruang Kerja yang Nyaman

Pilih ruangan yang tepat di rumah anda yang dapat membuat anda bekerja secara nyaman. Hindari bekerja di dalam kamar. Meskipun nyaman, tapi bekerja di kamar dapat membuat anda menjadi malas. Lingkungan kerja sangat berpengaruh pada tingkat produktivitas anda. Atur lah juga ruang kerja anda anda dengan rapi dan bersih. Kebersihan dan kerapihan ruang kerja juga akan membuat anda bekerja dengan nyaman.

  1. Sediakan Layanan Internet Cepat

Bekerja di rumah berarti anda harus menyediakan fasilitas yang bisa membantu anda. Jika pekerjaan anda berkaitan dengan internet, berarti mau tak mau anda harus menyediakan layanan internet cepat demi kelancaran pekerjaan. Ini akan mempermudah anda sendiri hingga anda tak perlu mencari wifi di luar rumah.

  1. Gunakan Software atau Aplikasi Online untuk Pelaporan Kerja

Ketika mengerjakan sebuah proyek klien, anda harus memasang aplikasi yang terintegrasi secara online dengan klien anda, seperti cloud accounting software. Hal ini dimaksudkan agar klien anda dapat memantau dan memonitor kerja anda. Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti Trello yang bisa mengatur pekerjaan dan proyek secara online. Beberapa layanan seperti dropbox bisa membantu mengatur konten yang anda inginkan dan mempermudah akses data dari mana saja selama ada koneksi internet.

  1. Atur Komunikasi

Email, Chat dan Telepon menjadi sarana komunikasi penting ketika kita bekerja di rumah. Tapi sering malah komunikasi ini mengganggu perhatian dan fokus ketika mengerjakan sesuatu. Jadi saya sarankan untuk membuka email, chatting, bahkan menjawab telepon dalam waktu2 yang khusus.