Kunci Sukses #1: Implementasikan Nilai Kerja yang Telah Ditetapkan

Sangat penting mengkomunikasikan dan mengadopsi nilai-nilai yang anda tetapkan dalam Kantor Akuntan Publik anda. Kantor Akuntan Publik yang sukses adalah Kantor Akuntan Publik yang dapat menunjukan dan mengimplementasikan nilai-nilai yang jelas dalam praktek kerjanya.

Kantor Akuntan Publik yang sukses ditunjang dengan standar dan nilai kerja yang baik dari profesional-profesional yang bekerja di dalamnya. Kepemimpinan dan manajemen yang baik juga akan melahirkan integritas yang kuat, kinerja yang kompetitif dan hasil yang mengedepankan objektifitas. Ketiga hal tersebut lah yang dicari oleh banyak perusahaan dan pengguna jasa akuntan publik.

 

Kunci Sukses #2: Memiliki Tim yang Solid dan Kompeten

Kantor Akuntan Publik yang sukses memiliki tim yang solid dan diisi oleh orang-orang yang kompeten. Tim yang solid harus memiliki individu dengan kekuatan di empat bidang berikut:

  1. Pelaksanaan
  2. Pengaruh
  3. Membangun hubungan yang kuat
  4. Berpikir strategis

Salah satu cara ntuk mendapatkan tim yang solid, anda perlu membangun suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan. Suasana kerja yang menyenangkan akan membuat tim akan tetap bekerja dengan dengan ritme yang solid meskipun bekerja di bawah tekanan deadline. Selain itu, memberikan kompensasi yang adil dan kompetitif berdasarkan hasil kerja tim anda juga menjadi cara untuk menjaga kekompakan tim. Menjaga keseimbangan kerja-keluarga tim anda juga dapat menambah suasana kerja yang menyenangkan.

 

Kunci Sukses #3: Latih Tim Menjadi Pembelajar

Seperti yang disebutkan pada bahasan sebelumnya, tidak semua orang di dalam tim memiliki kemampuan yang sama. Perlu adanya knowledge sharing atau knowledge management untuk dapat menyamakan standar kompetensi anggota tim. knowledge management dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Mengadakan in house training, dengan pemateri dari anggota tim sendiri;
  • Mengadakan sesi project sharing antar anggota
  • Mengirim anggota untuk mengikuti training di luar, dan materi training yang didapat dipresentasikan kembali ke anggota tim lain.

Turnover yang sering terjadi tersebut membuat kompetensi KAP tidak stabil karena anggota tim yang keluar masuk sering tidak sebanding kompetensinya. Sehingga diperlukan sebuah metode yang dapat menjaga kompetensi Kantor Akuntan Publik.

 

Kunci Sukses #4: Gunakan dan Manfaatkan Teknologi

Salah satu ciri Kantor Akuntan Publik yang sukses adalah Kantor Akuntan Publik yang mampu mengidentifikasi, menganalisis dan memprioritaskan inisiatif teknologi yang diperlukan untuk mencapai tujuan strategis perusahaan. Menggunakan dan memanfaatkan teknologi seperti software akuntansi dianggap sebagai salah satu cara untuk dapat meningkatkan performa Kantor Akuntan Publik, hal ini dikarenakan software akuntansi:

  1. Membantu kinerja tim dalam hal keakuratan pengolahan data
  2. Membantu memberikan saran untuk keputusan yang tepat untuk klien terkait permasalahan keuangan perusahaan mereka
  3. Menghemat waktu dan biaya sehingga pekerjaan bisa berjalan lebih efisien dan efektif

Oleh karena itu, software seperti [highlights]AkuntansiOnline.id[/highlights] memiliki andil besar dalam kesuksesan Kantor Akuntan Publik anda. Perusahaan pengguna jasa akuntan publik akan lebih percaya terhadap akuntan publik yang handal menggunakan software akuntansi dalam kerjanya.

 

Kunci Sukses #5: Kelola Proyek Dengan Baik

Seiring dengan perjalanan waktu, Kantor Akuntan Publik anda akan menemui berbagai macam klien dengan beragam sifat dan proyeknya. Dengan semakin beragamnya klien dan proyeknya, anda perlu membuat sebuah pengelolaan proyek yang baik. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan sebuah proyek Kantor Akuntan Publik adalah

  1. Kategorisasi Proyek, apakah termasuk proyek yang penting atau biasa
  2. Kategorisasi Klien, apakah termasuk klien yang eksklusif atau bahkan klien blacklist
  3. Transaksi proyek

Dengan membuat pengelolaan proyek, Kantor Akuntan Publik dapat menoptimalkan kinerja mereka. Kantor Akuntan Publik pun bisa melakukan tracking terhadap proyek yang sedang dikelola. Namun sebagian besar Kantor Akuntan Publik masih menggunakan metode tradisional dalam pengelolaan proyek yaitu dengan menggunakan software standar. [highlights]AkuntansiOnline.id[/highlights] memiliki aplikasi pengelolaan proyek di dalamnya yang dapat anda gunakan secara gratis.

 

Kunci Sukses #6: Jaga Relasi dengan Klien

Menjaga kesetiaan klien adalah hal terpenting untuk kelangsungan sebuah usaha. Membuat sebuah program menjaga kesetiaan klien memang agak rumit, namun patut dilakukan untuk menjaga kelangsungan bisnis jasa anda. Contoh program menjaga relasi klien adalah:

  1. Membuat penawaran jasa untuk proyek ke sekian dengan harga yang kompetitif
  2. Membuat kerjasama referal dengan klien
  3. Membuat penawaran jasa untuk klien baru dengan harga kompetitif

Dalam kondisi ekonomi sekarang, anda akan sulit mendapatkan klien baru dengan mudah. Anda perlu kembali melihat database klien dan proyek anda (jika anda punya), dan kembali memprospek klien lama anda. Klien lama anda juga adalah salah satu peluang anda mendapatkan klien baru. . Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menjaga database dan relasi dengan klien yang telah menggunakan jasa anda.

 

Kunci Sukses #7: Selalu Berikan Performa Terbaik

Banyak pengguna jasa akuntan publik yang kami survey mengaku kecewa dengan beberapa Kantor Akuntan Publik ketika menangani sebuah proyek besar. Diantara, beberapa kekecewaan yang mereka rasakan adalah:

  1. Pengerjaan proyek melewati tenggat waktu;
  2. Profesionalitas tim;
  3. Menuntut haknya sebelum menuntaskan kewajiban.

Padahal pengguna jasa akuntan publik bersedia memberikan insentif tambahan waktu atau keringanan potongan denda jika service dan performa yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik tergolong baik, meskipun melewati tenggat deadline. Pengguna jasa akuntan publik menginginkan akuntan publik menginginkan kinerja dan service yang terbaik dibandingkan dengan pekerjaan selesai tepat waktu. Oleh karena itu, anda perlu mengedepankan performa dan service ketika sedang menangani proyek besar maupun kecil.