Mengawasi dan mengontrol kegiatan keuangan perusahaan anda adalah kegiatan terpenting tidak hanya agar roda bisnis anda tetap berjalan, tetapi juga agar bisnis anda tumbuh dan menghasilkan untung. Oleh karena itu, anda membutuhkan sebuah alat yang dapat membantu anda “keep on eye” terhadap kegiatan akuntansi perusahaan anda. Kegiatan akuntansi harusnya tidak menjadi pekerjaan yang berat. Ada banyak solusi yang tersedia untuk segala ukuran, jenis dan kebutuhan usaha anda. Salah satu alat yang dapat membantu anda adalah cloud accounting software. Namun sebelum anda memutuskan untuk menggunakan cloud accounting software, sebaiknya anda mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. Mobile or Non-Mobile
Pertama-tama yang perlu dipertimbangkan ketika akan menggunakan cloud accounting software adalah apakah anda termasuk pebisnis dinamis dan mobile atau tidak. Jika bisnis yang anda jalankan termasuk bisnis yang dinamis dan mobile, cloud accounting software memang menjadi pilihan terbaik untuk anda. Cloud accounting software menawarkan kemudahan yaitu dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan koneksi internet. Meskipun demikian, cloud accounting software juga dapat menjadi pilihan alternatif pebisnis yang tidak terlalu mobile dalam menjalankan roda bisnisnya. Hal ini dikarenakan, cloud accounting software adalah software yang ringan dan tidak membutuhkan infrastruktur IT yang tinggi dan kompleks.

2. Terintegrasi dengan software atau aplikasi lain
Software akuntansi harusnya memiliki sistem yang dapat terintegrasi dengan software atau aplikasi sejenis seperti aplikasi e-Faktur dari Dirjen Pajak. Oleh karena itu, sebelum menggunakan cloud accounting software pastikan apakah software tersebut dapat terintegrasi dengan aplikasi e-Faktur. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak perlu bekerja dua kali dalam hal menginput data-data yang saling berkaitan dari software-software tersebut. Jika setiap software terintegrasi, anda hanya tinggal mengekspor atau mengimpor data saja.

3. Mudah dan aman digunakan
Desain adalah yang paling penting pada saat ini. Namun desain yang bagus sekalipun belum tentu baik. Begitu juga ketika memilih cloud accounting software. Ketika memilih cloud accounting software, pilihlah desain interface software yang mudah anda gunakan. Perhatikan juga apakah desain tersebut memberatkan proses kerja perangkat atau gadget anda. Selain itu, pilihlah software akuntansi cloud yang memiliki sistem keamanan yang baik. Ketika anda memutuskan untuk menggunakan cloud accounting software, berarti anda telah setuju menggunakan jasa pihak ketiga untuk menyimpan data-data keuangan anda. Oleh karena itu, pilih lah provider yang memiliki integritas dan sistem keamanan yang baik dalam softwarenya.

4. Fitur dan Keunggulan Produk
Hal terpenting lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih cloud accounting software adalah apakah fitur-fitur yang ditawarkan oleh provider sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Saat ini banyak ragam cloud accounting software, mulai dari yang bersifat home budget manager atau yang memang khusus untuk perusahaan. Pada dasarnya hampir semua provider menawarkan fitur yang sama, tapi keunggulan produk lah yang membedakannya.

5. Layanan Support dan Training
Cloud accounting software didesain sedemikian rupa agar dapat dengan mudah digunakan oleh semua kalangan, baik yang belum memahami akuntansi ataupun akuntan profesional sekalipun. Meskipun demikian, anda tetap membutuhkan layanan support dan training manakala anda mengalami kendala ketika menggunakan software tersebut. Pilih lah provider yang dapat memberikan layanan bantuan 24jam dan mudah dihubungi.

Kesimpulan
Cloud accounting software adalah salah satu tools yang dapat mempermudah anda dalam mengontrol keuangan perusahaan anda. Saat ini banyak software akuntansi cloud yang beredar di internet, namun anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih dan menggunakannya.