Hari Senin, adalah hari yang begitu erat kaitannya dengan hiruk pikuk kesibukan umat manusia. Sebagai hari hitungan pertama, hari Senin sering kali dijadikan orang-orang sebagai hari permulaan. Orang mulai bekerja hari Senin, orang mulai pergi beraktifitas hari Senin, orang membuat janji untuk suatu pertemuan di hari Senin. Begitu padat jadwal setiap orang pada hari Senin?

 

Kebiasaan Orang Sukses Di Hari Senin

Bagaimana orang-orang sukses beraktifitas di hari Senin? apa yang mereka lakukan dari mulai Senin pagi hingga Senin malam? Apakah mereka juga membenci hari Senin seperti kebanyakan orang yang sering meng-“update” statusnya di media sosial? Seperti yang dilansir di situs inc.com mengenai kebiasaan orang super produktif, ternyata ada beberapa kebiasaan positif yang biasanya dilakukan oleh orang-orang sukses.

 

1. Mereka memulai hari dengan perilaku yang positif

Kita sering merasakan rasanya bad mood betul? Anda pun tentu pernah mengalami hari dengan mood yang kurang baik. Apa yang terjadi ketika Anda mengalami bad mood? Ya, tenaga Anda mudah terkuras. Anda akan dengan cepat merasa lelah dan merasakan pusing di kepala Anda. Hal ini yang tidak terjadi pada orang sukses pada umumnya. Kenapa? Karena mereka memulai harinya dengan perilaku positif. Sederhana saja, mulai lah senyum pada salah satu anggota keluarga Anda di rumah ketika Anda bangun pagi.

Membangun mood yang baik sudah dilakukan oleh kebanyakan orang sukses sejak mereka bangun di pagi hari. Dengan cara berperilaku positif, membuat mood mereka semakin membaik, akhirnya mereka menikmati pagi hari mereka dengan senyum dan canda. Mereka membangun semangat positif dengan cara yang menyenangkan, dan ini akan terbawa pada kegiatannya di kantor tempat mereka bekerja.

 

2. Memulai pekerjaan dengan mengorganisir segalanya

Anda perlu mengakui, seberapa sering Anda mengalami kebingungan di Senin pagi, karena Anda tidak tahu harus memulai kegiatan kerja dari mana. Entah Anda belum mempersiapkan apa-apa, atau justru terlalu banyak hal yang harus diselesaikan sehingga Anda bingung harus mulai dari mana. Apakah ini terjadi juga pada orang-orang sukses? Tidak.

Setibanya orang-orang sukses di tempat kerja, mereka memulai pekerjaannya dengan mengorganisir segalanya. Mereka mengatur pekerjaan sedemikian baik tanpa mengalami kebingungan mulai dari hari Senin. Laporan ke klien siang ini sudah dimasukan ke dalam email terjadwal, bahan persentasi untuk laporan kepada stake holders perusahaan sudah diserahkan pada sekretaris untuk dicetak, reminder meeting untuk hari Rabu siang sudah di set di gadget mereka dan seterusnya. Mereka juga tahu betul seni mendelegasikan pekerjaan, sehingga pekerjaan mereka terorganisir dengan baik.

 

3. Mereka memprioritaskan tujuan utama mereka sebagai objektif

Skala prioritas memang sering kali kita dengar menjadi salah satu kunci sukses dari seseorang yang sangat sukses. Tidak heran, kebanyakan orang sukses selalu menjadikan skala prioritas sebagai landasan pekerjaan mereka. Sehingga mereka tidak banyak membuang waktu pada hal-hal yang kurang penting. Kapan terakhir kali Anda melihat orang paling sukses di lingkungan Anda sedang melakukan hal yang tidak penting? Melakukan hal yang prioritas biasa dilakukan sejak awal minggu, yaitu di hari Senin.

 

4. Mereka mengantisipasi segala bentuk rintangan

Sedari hari Senin dimulai dan pagi hari bekerja mengorganisir segalanya, banyak orang sukses juga sudah memprediksi rintangan-rintangan yang mungkin muncul di hari kedepan selama seminggu. Bahkan dengan segera mereka mengantisipasi dengan mencarikan solusi dari plan A, ke plan B. Orang sukses sudah terbiasa melakukan hal ini dari awal mereka beraktifitas di hari Senin.

Rintangan-rintangan pasti ada, dan itu memang harus diperhitungkan sejak awal. Mungkin Anda sering mendengarkan kalimat berikut “lakukan ini, jika ini tidak bisa, maka lakukan itu”. Dengan melihat kalimat tersebut mungkin terdengar sepele, namun hal itu sulit dilakukan oleh orang-orang yang kurang terorganisir dan hanya mengandalkan spontanitas.

 

5. Mereka segera membuat janji dengan orang-orang penting

Orang-orang sukses selalu mengelilingi dirinya dengan orang-orang sukses juga. Dan mereka saling membutuhkan satu sama lainnya. Ketika Senin tiba, mereka akan segera berpikiran untuk melancarkan segala rencananya. Dan mereka membutuhkan support dari rekan-rekannya untuk membuat semuanya menjadi lancar. Untuk itu, orang sukses biasanya segera membuat janji dengan rekan-rekannya sejak hari Senin. Sehingga mereka tidak perlu mengejar-ngejar waktu orang yang ingin mereka temui minggu itu.

 

Kesimpulan

Orang-orang sukses melihat hari Senin dari kaca mata yang berbeda dari kebanyakan orang. Mungkin kita bisa mencontoh kebiasaan-kebiasaan positif mereka untuk membangun diri kita menjadi lebih produktif sehingga jalan menuju kesuksesan semakin dekat.