Salah satu alasan utama kegagalan dalam menjalankan bisnis adalah tidak adanya sistem pembukuan yang baik dalam perusahaan yang dapat memberikan peringatan bahwa bisnis anda sedang tidak dalam kondisi keuangan yang baik. Untuk dapat memiliki sistem pembukuan yang baik anda bisa saja melakukan proses pembukuan secara manual, menyewa jasa akuntan publik, atau menggunakan software akuntansi. Namun jika anda tidak terlalu familiar dengan akuntansi atau tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk menyewa jasa akuntan publik, menggunakan software akuntansi adalah pilihan yang rasional untuk anda. Memilih menggunakan software akuntansi juga berarti mengambil keputusan untuk dapat mengontrol keuangan perusahaan anda. Menggunakan software akuntansi adalah cara yang tepat untuk menyederhanakan dan mengotomasikan pekerjaan yang “kurang menyenangkan” ketika menjalankan bisnis anda. Namun sebelum anda memilih untuk menggunakan software akuntansi yang mana, ada baiknya anda mempertimbangkan hal-hal berikut.

1. Kenali berbagai jenis software akuntansi yang tersedia
Ada berbagai macam alat perangkat lunak yang tersedia untuk membantu usaha kecil dan menengah dengan kebutuhan akuntansi mereka, tetapi mereka semua pada dasarnya masuk ke dalam salah satu dari empat kategori:
• Freeware: freeware adalah software gratis yang dapat anda pakai sesuka anda. Namun jika anda menggunakan freeware, anda tidak akan dapat menggunakan semua fitur yang terdapat di dalam software tersebut.
• Software Manajemen Bisnis: Ini adalah software yang memiliki banyak keunggulan fitur yang mungkin dibutuhkan oleh perusahaan anda. Namun keunggulan dan kelengkapan fitur tersebut bisa anda dapatkan dengan harga yang cukup tinggi dan belum tentu semua fitur yang ada di dalam software tersebut berguna semua untuk roda bisnis anda.
• Software Akuntansi sederhana: Di internet, anda akan banyak menemukan jenis software ini. Jenis software ini adalah software yang dapat anda unduh secara gratis. Software ini biasanya dibuat oleh programer-programer pemula. Namun seperti freeware, software ini hanya menawarkan fitur-fitur dasar dari akuntansi.
• Software berbasis cloud: software akuntansi berbasis cloud saat ini banyak dipakai oleh banyak perusahaan. Hal ini dikarenakan software berbasis cloud memiliki banyak keunggulan fitur yang sama seperti software manajemen bisnis. Tidak hanya itu, software ini tidak memerlukan banyak persyaratan perangkat keras untuk memakainya. Sehingga mudah pemasangannya dan penggunaannya. Beberapa penyedia software ini memang tidak menggratiskan produknya, namun harga yang ditawarkan tidak besar seperti software manajemen bisnis.

2. Tentukan Berapa Anggaran Anda
Faktor kunci dalam menentukan software akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda adalah biaya. Masing-masing dari empat jenis software akuntansi memiliki harga yang bervariasi. Jika anda memiliki anggaran yang cukup tinggi dan mengingikan fitur aplikasi yang lengkap, software manajemen bisnis cock untuk anda. Namun jika anggaran anda terbatas namun anda menginginkan fitur software yang dapat menunjang roda bisnis anda, software akuntansi berbasis cloud bisa menjadi solusi untuk anda.

3. Pahami Kebutuhan Bisnis Anda
Bagaimana anda menggunakan software tersebut? Apakah Anda menggunakannya hanya untuk membuat laporan tingkat tinggi dan melacak pengeluaran Anda dan pendapatan? Atau anda menjalankan roda bisnis yang kompleks dengan berbagai macam produk dan pertimbangan persediaan barang?

Berikut adalah beberapa fitur khas dan fungsi yang aplikasi akuntansi meliputi:

• Pelacakan penjualan
• Manajemen persediaan barang
• Manajemen kontak pelanggan atau integrasi dengan CRM
• Pelaporan pajak Bisnis
• Manajemen penggajian
• Penganggaran belanja

Pastikan Anda benar-benar memahami kebutuhan bisnis Anda dan mengetahui bagaimana software akuntansi dapat mendukung kebutuhan tersebut. Bicarakan dengan akuntan anda untuk menentukan kebutuhan anda menggunakan software akuntansi.

4. Kompatibilitas software
Sebelum anda membeli software akuntansi untuk usaha anda, yang anda perlu lakukan adalah memeriksa apakah software tersebut kompatibel dengan perangkat yang anda gunakan. Saat ini banyak software akuntansi yang beredar di pasar dan tiap produknya memiliki spesifikasi pemasangan yang berbeda satu sama lain. Jika perangkat yang anda gunakan adalah perangkat yang high end dengan spesifikasi terbaik, maka software akuntansi berbasis desktop bisa menjadi pilihan anda. Namun jika perangkat yang anda gunakan hanya memiliki spesifikasi sederhana, sebaiknya anda menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang ringan.

5. Layanan Bantuan
Hampir semua pengguna software akuntansi membutuhkan sedikit pelatihan untuk memahami penggunaan software yang ia gunakan. Ketersediaan layanan bantuan seperti training dan troubleshooting support dari tim pembuat software akuntansi perlu anda pertimbangkan. Karena layanan ini akan membantu anda dalam menggunakan software tersebut.
Kesimpulan

Memutuskan untuk menggunakan software akuntansi adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan kompetisi bisnis anda. Software akuntansi dapat membantu anda dalam mengontrol dan memonitor keuangan roda bisnis anda. Namun sebelum membelinya, ada baiknya anda mempertimbangkan 5 hal terkait software yang akan anda gunakan. Pastikan software akuntansi yang anda beli memang sesuai dengan kebutuhan usaha anda. AkuntansiOnline.id adalah salah satu software akuntansi yang dapat anda pertimbangkan. AkuntansiOnline.id adalah software akuntansi berbasis cloud yang ringan dan kompatibel dengan berbagai macam perangkat meskipun perangkat tersebut memiliki spesifikasi sederhana. Hanya dengan ketersediaan koneksi internet, anda dapat langsung menggunakan software ini. AkuntansiOnline.id dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat menunjang kebutuhan bisnis anda. Selain itu, AkuntansiOnline.id ditunjang oleh layanan bantuan yang diberikan langsung oleh pakar akuntansi yang kami miliki. Jika anda tertarik dengan software kami, anda bisa meminta akses demo dan trial dengan klik disini. )