Saat ini, masih banyak entepreneur UKM dan Start Up yang masih menganggap remeh pengelolaan keuangan dalam bisnisnya. Pemahaman ini terjadi karena banyak diantara mereka yang masih belum mengetahui manfaat pengelolaan keuangan, khususnya laporan keuangan, bagi usahanya (baca Manfaat Akuntansi Bagi UKM).

Laporan keuangan adalah informasi mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan yang dihasilkan dari sebuah sistem informasi akuntansi. Laporan ini biasanya digunakan oleh bank ataupun investor sebagai dasar untuk menganalisa kelayakan pengajuan kredit. Oleh karena itu laporan keuangan penting untuk UKM dan Start Up. Jika laporan keuangan perlu dibuat jika ingin berkembang dengan suntikan dana dari mereka.

Selain itu laporan keuangan ini juga berfungsi dalam hal pengambilan keputusan. Misalnya dari Laporan Arus Kas (Cash Flow), kita bisa mengetahui seberapa besar dana tunai yang masuk dan dipergunakan untuk apa saja.

KOMPONEN LAPORAN KEUANGAN

Laporan Keuangan biasanya terdiri dari 3 (tiga) jenis laporan, yakni Laporan Laba-Rugi, Neraca, dan Laporan Arus Kas. Ketiganya memiliki keterkaitan satu sama lain. Beberapa perusahaan besar menambahkan satu komponen lagi dalam laporan keuangannya. Namun untuk bisnis UKM dan start up biasanya hanya menggunakan 3 jenis laporan yang utama saja.

Laporan Laba-Rugi

Laporan Laba-Rugi adalah perbandingan antara total pendapatan dan total biaya selama satu periode tertentu (bulanan, semi annual atau annual). Laporan Laba-Rugi penting untuk pengusaha UKM dan Start Up untuk meyakinkan investor dan kreditor tentang kondisi usaha yang sedang dijalaninya. Laporan laba rugi merupakan media untuk menilai tingkat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Laporan laba rugi merupakan tolok ukur keberhasilan perusahaan. Dengan menganalisa laporan laba rugi para pengguna dapat menilai kemampuan perusahaan dalam mengelola sumber-sumber ekonomis perusahaan agar berhasil dan berdaya guna.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah alat paling tajam dalam analisa perkembangan usaha. Dalam laporan ini diuraikan sumber dan pengeluaran kas selama periode tertentu. Dari laporan ini dapat diketahui kemampuan perusahaan dalam jangka pendek, juga aktivitas keuangan perusahaan yang sedang dilakukan. Manfaat laporan arus kas adalah untuk menilai dan menganalisis kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya dan untuk mengetahui kegiatan pendanaan perusahaan. Bagi pengusaha UKM dan start up, membuat laporan arus kas dapat membantu mereka mengambil keputusan dalam menjalankan roda bisnisnya.

Neraca (Balance Sheet)

Balance Sheet atau biasa disebut Neraca, adalah ‘gambaran’ langsung dari aktiva yang digunakan oleh perusahaan dan dana yang berkaitan dengan aktivitas tersebut.  Neraca adalah dokumen statis yang berkaitan dengan satu hal pada satu waktu. Secara sederhana, dari laporan ini kita bisa mengetahui berapa harta yang dimiliki perusahaan dan juga pembiayaan yang digunakan untuk memperoleh harta itu.

Kesimpulan

Laporan keuangan adalah salah satu pondasi kesuksesan suatu kegiatan bisnis. Melalui laporan keuangan, seorang entepreneur dapat melakukan tracking kondisi keuangan perusahaannya. Namun saat ini, hanya sedikit entepreneur yang memulai bisnis UKM dan start up yang peka terhadap laporan keuangan. Hal ini dikarenakan mereka masih menganggap bahwa laporan keuangan tidak terlalu penting untuk usaha mereka.