Jika anda tinggal di lingkungan yang cukup sejahtera, pernahkah terpikir menjadikan tetangga anda sebagai klien anda? Menjadikan tetangga sebagai seorang klien atau customer untuk keahlian akuntansi yang anda miliki mungkin sesuatu yang tidak terpikirkan oleh anda. Anda terlalu sibuk mencari klien kesana-kemari tetapi anda melupakan bahwa ada tetangga anda yang mungkin juga adalah klien potensial untuk diri anda. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda coba untuk menarik tetangga anda untuk menjadi klien anda.

1. Gambar peta dari lingkungan anda tinggal

Langkah pertama yang mungkin bisa dibilang menyenangkan adalah menggambar peta lingkungan tempat tinggal anda. Gambar tidak harus mirip cukup gambar kotak untuk rumah dengan jalan dan persimpangan. Agar lebih mengasyikan, gambar lah bersama anak anda. Setelah selesai menggambar petanya, sekarang coba anda isi tiap kotak rumah dengan nama tetangga anda. Jika anda kesulitan dan tidak terlalu mengenal nama tetangga anda, tanyakan pada anak anda. Karena bisa jadi anak anda bersekolah di sekolah yang sama dengan anak tetangga anda tersebut.

2. Cari tahu profil mereka

Berikutnya yang harus anda lakukan adalah cari tahu profil mereka seperti siapa mereka, apa pekerjaannya dan dimana mereka bekerja. Mungkin anda bisa bertanya kembali pada anak anda atau pasangan anda tentang mereka. Atau anda bisa sedikit stalking akun facebook atau LinkedIn mereka.

3. Berkenalan dengan tetangga

Setelah memetakan wilayah lingkungan anda dan mengenal sedikit tentang tetangga anda, hal yang anda lakukan berikutnya adalah berkenalan dengan mereka. Buat atau ikuti acara pertemuan warga. Atau jika anda tidak ingin repot membuat acara, sempatkan lah melakukan aktifitas berjalan atau jogging keliling komplek, bermain bersama anak di taman komplek atau sekedar mampir ke rumah tetangga. Jika anda bertemu tetangga sapa lah mereka dan ajak sedikit berbincang. Untuk sedikit promosi ketika anda berkenalan dengan tetangga,anda bisa mengenakan attribut kantor akuntan anda seperti polo shirt atau topi. Sehingga tetangga akan mengenali kantor anda.

4. Ingat nama dan wajah tetangga anda

Setelah anda berkenalan dengan banyak tetangga, coba lah untuk mengingat nama dan wajah mereka. Sehingga jika anda bertemu mereka di jalan, di supermarket atau dimana pun, anda bisa menyapanya untuk mempererat silaturahmi.

5. Buat percakapan yang positif

Ketika berbincang dengan tetangga anda, buatlah percakapan yang anda bawa menjadi percakapan positif. Jika anda sudah sedikit stalking ke akun Facebook dan LinkedIn nya, cobalah membuat percakapan yang mengarah pada interest-nya (ketertarikan).

6. Perkenalkan diri anda

Setelah saling mengenal, perkenalkan diri anda khususnya tentang apa pekerjaan anda, dimana anda bekerja dan apa yang anda kerjakan. Memperkenalkan diri berarti anda sedang me-marketing-kan diri anda. Namun jangan langsung menawarkan jasa anda. Buat lah bahasa marketing yang mudah diingat yang berkaitan dengan pekerjaan anda. Sehingga ketika tetangga anda menemui suatu permasalahan akuntansi atau pembukuan, mereka akan langsung mengingat anda.

7. Silaturahmi secara personal

Pererat silaturahmi anda secara personal dengan tetangga-tetangga anda. Dan buat percakapan yang mengarah pada permasalahan akuntansi dan pembukuan perusahaan. Untuk membuat percakapan seperti ini, mungkin anda bisa memulainya dengan tema perpajakan. Sebagian besar perusahaan, memiliki kendala akuntansi perpajakan.

8. Ceritakan pengalaman anda bekerja

Jika perbincangan anda sudah mengarah ke pekerjaan, ceritakan pengalaman anda bekerja. Ceritakan bagaimana anda menangani dan menyelesaikan permasalahan akuntansi dan pembukuan klien anda.

9. Kenali permasalahan akuntansi dan pembukuan mereka

Karena anda sudah dikenal oleh mereka sebagai seorang akuntan, mungkin anda bisa mengorek sedikit tentang permasalahan pembukuan perusahaan mereka.

10. Anda lah solusi permasalahan mereka

Jika tetangga anda memang memiliki permasalahan dengan pembukuan atau akuntansi, maka tawarkan diri anda sebagai solusinya. Ceritakan kembali pengalaman anda menangani dan menyelesaikan permasalahan klien terdahulu yang mirip dengan permasalahan yang dihadapi oleh mereka. Katakan anda menggunakan tools-tools yang tepat dan akurat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut seperti menggunakan software akuntansi salah satunya [highlights]AkuntansiOnline.id[/highlights].

Banyak akuntan publik yang mengaku kesulitan menemukan klien. Padahal di sekitar lingkungan rumah mereka sendiri banyak calo klien-klien potensial. Mengikuti langkah-langkah di atas mungkin bisa jadi salah satu alternatif untuk anda dalam mendapatkan klien. Selamat mencoba.