Sudah bukan rahasia lagi kalau interview atau wawancara pekerjaan merupakan hal paling kritikal untuk mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan. Yang lebih menyeramkan lagi, tahap interview adalah tahap dimana kegagalan dalam mendapatkan pekerjaan lebih besar. Hal ini dikarenakan anda akan dihadapkan langsung dengan orang yang akan memakai jasa anda. Belum lagi pertanyaan yang dilontarkan interviewer terkadang sedikit tricky yang dapat membuat anda kebingungan dalam menjawabnya. Oleh karena itu, tentu Anda tahu bahwa Anda harus mempersiapkan diri Anda seprima mungkin, baik fisik dan mental, agar dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan baik dan tenang. Berikut adalah daftar 10 pertanyaan umum namun dapat mengecohkan yang biasa ditanyakan saat interview kerja.

1. Bagaimana anda mendeskripsikan diri anda dengan satu kata?
Mendeskripsikan diri dengan hanya satu kata, bagaimana mungkin? Tapi inilah pertanyaan yang mungkin akan sering anda temui dalam interview kerja. Untuk menjawab pertanyaan ini, anda perlu mengenal diri anda sendiri. Namun jawaban yang cukup tepat untuk menjawab pertanyaan ini adalah “saya adalah orang yang kreatif”. Kreatif mungkin adalah deskripsi yang tepat untuk diri anda. Kata kreatif memiliki banyak makna positif dalam setiap posisi dan jabatan dalam pekerjaan. Namun jika anda memang mengenal diri anda, Sebaiknya anda menjawab dengan apa yang anda ketahui tentang diri anda.

2. Dapatkah anda memberitahukan 3 kelebihan dan 3 kekurangan anda?
Melalui pertanyaan ini, HRD atau User ingin mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan yang dapat mempengaruhi pekerjaan anda ketika anda bekerja di perusahaannya. Oleh karena itu, untuk menjawab pekerjaan ini anda perlu mengetahui deskripsi dan tanggung jawab pekerjaan yang anda lamar.

3. Kenapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?
Dari pertanyaan ini, user ingin mengetahui apakah anda telah melakukan riset dan mencari tahu tentang perusahaan mereka dan industri yang mereka geluti. Mereka juga ingin tahu apakah kemampuan anda capable dengan posisi yang mereka tawarkan. Untuk menjawab pekerjaan ini, anda memang perlu melakukan riset dan mencari informasi tentang perusahaan tempat anda melamar. Jawablah dengan menselaraskan info tersebut dengan kemampuan anda yang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar.

4. Kenapa anda resign/meninggalkan pekerjaan anda sebelumnya?
Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya cukup mudah namun perlu hati-hati. Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan mengatakan bahwa anda sedang mencari tantangan baru yang dapat mengoptimalkan dan meningkatkan skill dan kemampuan anda. Namun untuk melakukan itu, anda perlu sedikit riset tentang prospek perusahaan tersebut dan apakah skill dan kemampuan anda dapat mencapai tujuan perusahaan tersebut.

5. Apa yang anda banggakan dari perjalanan karir anda?
Dari pertanyaan ini, user ingin mengetahui bagaimana anda dapat mengoptimalkan segala kemampuan anda dalam mencapai tujuan perusahaan. Anda mungkin memiliki sederet sertifikat pencapaian pribadi selama anda berkarir. Namun bukan itu yang mereka harapkan. Jika anda mengedepankan sertifikat-sertifikat tersebut, anda akan dicap egois.

6. Kenapa anda menganggur/tidak bekerja dalam waktu yang cukup lama?
Dari pertanyaan ini, user ingin mengetahui kegiatan anda selama anda menganggur. Apakah selama waktu itu anda tetap menimba ilmu untuk meningkatkan skill dan kemampuan atau tidak. Atau apakah anda menghargai waktu dan kesempatan yang diberikan kepada anda.

7. Rekan kerja seperti apa yang anda hindari?
Pertanyaan ini benar-benar akan mengecoh anda. User menginginkan jawaban bahwa anda bukan tipe orang yang emosional. Oleh karena itu, jawablah pertanyaan ini dengan elegan.

8. Apa yang anda harapkan dari pekerjaan yang anda lamar?
Jawablah pertanyaan ini dengan jawaban yang profesional. User tidak menginginkan anda menjawab keuntungan untuk diri pribadi anda ketika anda diterima bekerja di perusahan mereka.

9. Bagaimana anda melihat diri anda dalam 5 tahun ke depan?
User ingin mengetahui visi jangka panjang anda, apakah sejalan dengan visi perusahaan. Oleh karena itu, jawablah dengan kesesuaian visi anda dan selaraskan dengan visi perusahaan.

10. Kenapa kami harus memperkerjakan anda?
Jika anda dapat pertanyaan ini ketika interview, berarti anda mendapatkan kesempatan untuk “menjual” diri anda. Jual diri anda, dan katakan bagaimana berharga anda sehingga anda pantas direkrut oleh mereka.